Visiting UK after Brexit and USA after Muslim Ban

Setelah berjibaku dg jetlag yg luar biasa parah kali ini πŸ˜‚ 

Oke disini gw mau sharing ya, kebetulan gw selalu dihadapkan dg isu2 yg tdk enak sebelum travelling baik itu saat Pemboman di bandara Istanbul, isu Brexit, Kudeta Turki & Muslim Ban-nya Trump. Hal2 seperti ini yg bikin gw jadi memilih mundur untuk bepergian tapi apa mau dikata visa udah di tangan kan ga mungkin, sayang visa-nya kan..

Kebayang banget kan tahun lalu Turki lagi sedep2nya diserang bom apalagi terakhir yg paling serem menurut gw yaitu di bandara, karena bandara harusnya adalah tempat yg aman & saat itu gw lagi ajuin visa ke UK, belum kelar masalah bom ditambah lagi isu Brexit yg katanya bikin diskriminasi ke imigran, termasuk Muslim. Ada temen bilang mereka diteriakin “Go Home”. Pengalaman gw disana, g ada masalah dg perjalanan ke London bahkan org London masih mau senyum ke gw, ramah2 juga, g ada kejadian yg spt di-share di sosmed (at least pada saat itu), sekarang sih udah g masalah yes malahan.Tapi begitu mau pulang, Turki malah mau dikudeta ya gara2 ini jadi di-cancel pesawat & harus extend 2 hari 😫, mayan sih bisa ke Oxford akhirnya.

Pengalaman ke2 yaitu ke US, sebenarnya sempet ragu mau kesana dg kemenangan Trump tapi terlanjur apply visa dan udah dapet. Dan ternyata berulah juga itu si Trump pake nge-ban2 segala! Gw apply waktu masih Obama & denger2 banyak yg ditolak setelah Trump Muslim Ban Executive Order.

Serius waktu itu gw stress bgt tapi lagi2 ga mungkin mundur karena emang ada acara dan visa pun cuman dapet yg 6 bulan. So, gw cari info sana sini dan katanya Indonesia tidak bermasalah! Meskipun tidak bermasalah tapi tetep was2 juga yes, sampe ada yg nasihatin buat lepas hijab 😏 sama aja keleus paspor & visa juga udah pake hijab. Ada juga yg bilang sosmed diperiksa. Gw hapus semua yg berbau2 politik dan log out semua sosmed gw dan jaga2 pake hijab ala turban waktu di bandara. Eh ternyata banyak orang pake hijab biasa & bahkan pake cadar (tapi dibuka cadarnya pas di imigrasi untuk proses identifikasi). Alhamdulillah di JFK tidak seketat yg dibilang orang2, memang sebelumnya dibilang bakalan ketat karena situasi kemaren2 tapi ternyata tidak ada pemeriksaan apa2 sampe gw juga bingung sendiri. Sama pihak imigrasi cuman ditanya mau apa disana dan berapa lama, scan jari & foto aja.

Pemeriksaan ketat ada di bandara asal. Di Turki paspor gw dicek 4x, ditanya macem2 mau apa, berapa hari, dkk terus seluruh badan di scan, udah itu aja (hal ini tdk pernah terjadi sebelum2nya ketika travelling ke negara lain dari Turki). Denger2 sih skrg ketatnya di bandara asal / bandara transit biar kalo mau pulangin ga kejauhan & mahal. 

Ketika gw di DC juga lagi ada demo di depan White House tetapi mereka tidak mengganggu, dan tidak ada kerusuhan, mereka sangat tertib hanya teriak2 aja No Ban, No Wall, dsb.

So, sekali lagi g ada masalah utk Muslim ke US, at least itu pengalaman gw. Menurut gw orang US itu malah ramah2, mau menyapa “Hi, Good Morning”, mereka jujur kalo dia suka apa yg kita pake, ya karena mereka sering muji sepatu yg gw pake πŸ˜‚πŸ˜‚ “I like your shoes”, “Your shoes are great”, karena gw pake sepatu gambar New York πŸ˜‚πŸ˜‚. Mereka juga informatif dan helpful banget. Mereka ga segan kasih kita info tanpa diminta kalo kita terlihat kebingungan. Pernah waktu di subway kita lagi kebingungan tanpa ditanya dia kasih info, pun juga ketika lagi celingukan cari2 library mereka langsung nanya cari apa? Bukan disini tempatnya, itu yg di sebelah. 

Ada yg bilang di NYC banyak yg suka mabuk di subway, so jaga2 aja ga usah pulang malem. Tapi kata orang yg udah tinggal 20 tahun disana, orang mabuk ga mengganggu kok. Banyak orang Indonesia yg udah tinggal disana ga mau balik. Karena apa? Katanya disana itu ketenangan terjamin, jaminan sosial nya jelas, orang ga bisa berbuat kriminal seenaknya, langsung dihukum bahkan anak presiden George W. Bush bermasalah pun ditangkap kalo di negara kita? Hmm, tau sendiri.. Katanya cari kerja asal mau kerja apa aja itu pasti ada dan negaranya aman walau malam2. Itu kata mereka lho ya bukan kata gw yg baru beberapa hari disana πŸ˜‚

Yg paling penting memang tetap waspada, jangan terlalu heboh & girang πŸ˜‚, banyak2 juga baca doa πŸ˜‡. Semoga bermanfaat.

See you on another adventure story,

Icha Bilal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s