Applying US Visa

Bagi sebagian orang apply Visa ke US adalah momok yang menakutkan karena denger-denger banyak yang ditolak.

Well, gue pun agak sedikit deg-degan sih waktu itu. Beneran pas apply online itu ga ada persiapan sebenarnya, karena tiba-tiba iseng aja isi-isi data. Kebetulan masalah foto emang udah disiapin jauh-jauh hari, jadi tinggal upload aja.

Untuk apply online ada disini US gov.

Nah lebih baik persiapkan foto terlebih dahulu, bagi yang menggunakan kacamata ga perlu dipake ya karena tidak lolos standar, terus Contact Person di US dan Travel Arrangement juga disiapin disana siapa yang bisa dikontak tapi kalo tidak juga bisa jawa do not apply. Yang lain sih lebih banyak pertanyaan-pertanyaan standar yang jawabannya NO NO NO aja. hehe..

Nah setelah sign, submit and confirm terus atur jadwal appointment interview di kedutaan, ini link-nya interview.

Jujur awalnya heran kenapa malah dokumen yang harus dipersiapkan ga seribet visa Schengen yang ada booking hotel, tiket pesawat, asuransi, dkk tapi memang yang menentukan semua sepertinya wawancara.

And eng ing eng, entah mengapa Ankara begitu macet pada pagi hari itu. Gw stress di taksi karena udah jelas pasti telat. Si sopir dengan banyak akalnya puter arah sana sini demi mengejar dan akhirnya gw telat sekitar 20 menit, si sopir dengan baik hati mau menunggu apakah gw bisa diperbolehkan masuk. Rupanya boleh!! Karena gw dengan sotoy bawa tas, akhirnya gw nitip deh ke abang-abang jual jajan. Ingat hanya diperbolehkan membawa dokumen saja! No bag, no phone!

Sebelum masuk dicek security terlebih dahulu terus paspor diminta dan kita disuruh nunggu setelah itu disuruh cap sidik jari setelah itu tunggu lagi untuk wawancaranya. Waktu itu orang Turki lebih lama nunggu karena mungkin antrian berbahasa Turki kalau gw karena Bahasa Inggris jadi lebih cepet.

Pertanyaan mendasar:

  1. Which part of US will you visit?
  2. Have you ever been to US?
  3. What will you do there?
  4. Who support your financial expense?
  5. Where have you been to before US?
  6. What do you do for living?

Setelah gw jawab semua, dia minta tuh satu-satu dokumen yang dia mau liat sambil dia ketik-ketik. Setelah itu dia kasih kertas Congratulations!  dan dia bilang Good Luck!!

Gw sih masih sangsi dan ragu pas waktu itu beneran dapet apa ga, besoknya US Gov kasih email untuk ambil paspor. Gw dengan ga sabar lihat paspor eh beneran ada visa.. Hahaha.. Norak yes?

Abisnya agak absurd sih proses-nya ini cuman keuntungan-nya kita langsung tau kalau kita diterima atau ditolak dari pas wawancara ga digantung beberapa hari/minggu seperti yang lain.
Tips ya : kita harus jelas tujuan kesana mau apa, kalo jawaban untuk pertanyaan ini menarik dia, baru dia akan tanya-tanya selanjutnya dan minta dokumen. Kalau jawaban pertanyaan ini tidak menarik minat pewawancara kemugkinan tidak dilihat-lihat dokumen yang sudah kita siapkan.

So good luck buat yang mau apply Visa US!!

visa us

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s