Applying UK Visa

Tahun lalu tepatnya sekitar bulan Juni saya mendaftar visa UK untuk bepergian di bulan Juli. Saya sudah memperkirakan bahwa waktunya akan pas sebelum berangkat karena disebutkan bahwa proses visa 15 hari. Saya pun apply online, disini hanya berupa pertanyaan-pertanyaan saja yang harus dijawab seperti biasa. Untuk link-nya silahkan cek dimari

Lanjut bagian create account dan Anda akan menemukan link ini

Setelah semua apply online sudah diurus lalu kita harus membuat appointment di agent yang ditunjuk oleh pemerintah UK untuk menyerahkan aplikasi. Kalau di Turki di TLSContact di Sheraton Business Centre. Banyak dokumen yang perlu disiapkan, layaknya visa Schengen. Ini saya copy aja ya dari Web, hihi.. blogger males :0

When you apply you need to provide:

  • a current passport or other valid travel identification
  • evidence that you can support yourself during your trip, such as bank statements or payslips from the last 6 months

You need a page in your passport that’s blank on both sides for your visa. Your passport must be valid for the whole of your stay in the UK.

You’ll also need to provide a certified translation of any documents that aren’t in English or Welsh.

Other information you’ll need

You’ll need to provide the following:

  • the dates you’re planning to travel to the UK
  • details of where you’ll be staying during your visit
  • how much you think your trip will cost
  • your current home address and how long you’ve lived there
  • your parents’ names and dates of birth
  • how much you earn in a year

You might also need:

  • details of your travel history for the past 10 years (as shown in your passport)
  • your employer’s address and telephone number
  • your partner’s name, date of birth, and passport number
  • the name and address of anyone paying for your trip
  • the name, address and passport number of any family members you have in the UK
  • details of any criminal, civil or immigration offences you have committed

Yah pokoknya begitulah.. hehe. INGAT ya, semua dokumen yang dibawa itu HARUS ASLI, dokumen akan diproses dan kemudian dikembalikan (paspor, buku tabungan, buku nikah, dsb). Jika memang Anda merasa sedang memerlukan dokumen asli yang tidak mau dikumpulkan karena takut tidak dikembalikan lagi silahkan minta agen untuk copy dan kembalikan saat itu juga karena ada beberapa dokumen yang tidak akan dikembalikan seperti keterangan mahasiswa/ mungkin karyawan, invitation letter dan dokumen yg tidak saya sebutkan diatas. Proses visa UK benar-benar 15 hari dan mepet jadwal keberangkatan (denger dari yang lain juga katanya mepet), jadi usahakan jauh-jauh hari apply visa karena saya sempet gondok dan e-mail berkali-kali kok belum keluar-keluar, haha.. Sialnya di Turki juga waktu itu sedang hari besar jadi seharusnya dokumen selesai hari Selasa tapi saya baru bisa ambil hari Jumat dan Sabtu langsung berangkat. hiks..

Ketika sedang dalam proses mendaftar, tiba-tiba juga heboh masalah Brexit dan saya malah jadi ingin mengurungkan diri dan berharap visa ditolak, karena hebohnya berita tentang diskriminasi terhadapa orang Asia. FYI, ini travelling saya pertama kali setelah punya anak jadi udah agak grogi juga apply visa J.

Yang paling saya ingat adalah ada pertanyaan seputar Travel History, apakah Anda pernah ke negara-negara seperti Australia, USA, Schengen area, Canada dan New Zealand. Dari sini saya berpikir sepertinya kalau bisa dapet salah satu visa diatas jalan untuk kemana aja lebih mudah ya, dan lalu saya jadi kepingin mendapatkan semua visa itu hehehe..

Nah, padahal saya sudah mempersiapkan foto yang cantik di studio ternyata di Visa Application Center kita difoto langsung disana dan cap biometri, saya pikir ruangan selanjutnya itu wawancara (karena memang ada interview room), saya sudah menunggu beberapa menit rupanya urusan sudah selesai dan anehnya saya tidak mendapatkan kertas untuk pengambilan jadi sewaktu saya ambil visa saya ngotot-ngototan sama bagian administrasi karena memang tidak dikasih apa-apa.

Lumayan denger beberapa cerita dari teman saya yang ditolak visa UK tapi saya ga tau penyebabnya apa padahal kalau dipikir berduit juga iya tapi ternyata tidak menjanjikan. Saya bukanlah orang yang banyak duit tetapi menurut saya travel history itu penting, karena sebelumnya di paspor saya sudah ada 2 Schengen visa yang semuanya mendapatkan invitation letter (Perancis untuk volunteer dan Italy untuk kursus bahasa) jadi memudahkan pengurusan visa. Jadi selagi masih muda, ayo travelling sebanyak-banyaknya! Kalau memang takut untuk apply ke negara-negara yg sulit ke negara-negara di Asia yang tanpa visa / yang visa-nya mudah juga bisa yang mungkin akan menjadi bahan pertimbangan bahwa kamu memang suka travelling :0

uk-visa-for-thai

Semoga infonya membantu.

See you on another story,

Icha Bilal

Leave a Reply

