Applying Canada Visa

Awalnya, saya merasa apply Visa Canada ini agak ribet dan aneh tapi ternyata setelah dijalani begitu mudah. Memang sebelum apply ada banyak “pendahuluan” yang harus dibaca jadi sedikit membingungkan.

Untuk apply via online melalui alamat website berikut http://www.cic.gc.ca/english/e-services/account.asp. Saya pilih yang “Continue to GCKey” karena tidak menggunakan credit card yang ber-partner dengan yang disebutkan oleh Canada.

Awalnya saya mau apply manual tetapi saya pikir online lebih mudah (seperti UK & US) karena tidak harus print dokumen tapi ternyata setelah masuk sistem online diharuskan untuk scan (memang sebelumnya sudah dikasih tau jika harus punya akses untuk scan / camera). Nah tapi setelah saya baca-baca lagi, mereka menerima dokumen berupa JPG, DOC dan PDF yang artinya mau menerima dokumen foto. Karena saya ga punya printer/scan dan males ke bank untuk minta bank statement (haha, jangan ditiru ya), jadi semua dokumen & paspor dan yang sudah ada visa & stamp, buku bank saya foto kemudian bikin word dan dijadiin PDF. Hehe… Alhamdulillah mereka tidak masalah lho ternyata..

Tapi menurut saya jika Anda lebih siap lebih baik ya.. Siapkan kelengkapan dokumen dan beberapa harus sudah di-scan seperti :

  1. Application Form (Ini bisa langsung diisi dan di-save kemudian di-upload, jika file PDF-nya tidak compatible dengan yang ada di computer Anda, tenang saja mereka menyediakan software-nya untuk bisa kita download, keren kan?)
  2. Form Family Information yang dapat diunduh dan diisi langsung juga
  3. Travel History (Ini berupa semua riwayat perjalanan travelling kamu, semua stamp dan visa yang ada di paspor)
  4. Passport (Halaman berfoto dan tanda tangan)
  5. Proof of Means of Financial Support (Bank statement, buku tabungan, mereka memberikan keterangan bahwa sebaiknya untuk bukti keungan selengkap mungkin seperti employment letter, dll tetapi saya hanya memasukkan buku tabungan dan tidak masalah)
  6. Digital Photo ukuran sama seperti visa-visa lain
  7. Purpose of Travel (Dikarenakan saya mendapatkan Invitation Letter jadi saya masukkan saja langsung, untuk Anda mungkin bisa ceritakan mau apa di Canada, berapa lama dan sebagainya)

Semua dokumen di-upload satu persatu kemudian bayar fee visa melalui kartu kredit, setelah itu all set and done. Pengalaman saya, saya daftar hari Sabtu dan hari Senin saya langsung mendapatkan Letter of Passport Request yang artinya saya disuruh mengumpulkan paspor saya ke kantor agent yang bekerjasama dengan Kedutaan Canada. Karena saya sedang tinggal di Turki, saya mengumpulkan paspor melalui VFS. Nah, di kantor VFS ini lumayan kecil dan sepi dibandingkan dengan VFS khusus untuk negara-negara Eropa dan Italy (Italy sebelumnya di iData Ankara Turkey namun sekarang pindah). Di VFS Eropa yang terdapat puluhan negara itu selalu ramai orang tapi disini hanya ada beberapa orang. Saya pun tidak perlu antri dan kemudian langsung dipanggil. Saya jaga-jaga membawa beberapa dokumen tetapi yang diminta hanya Letter of Passport Request tadi dan Paspor. Tidak perlu foto dan dokumen-dokumen tebal seperti negara lain. Prosesnya pun tidak makan lama. 3 hari akan dibalikkan paspor-nya. Canggih ya!

P:S : Sayangnya setelah jadi tidak ada foto di visa meskipun foto-nya di-upload di apply online.

canada

Semoga infonya membantu.

See you on another story,

 

 

Leave a Reply

